Tips Agar Rendang Awet Saat Dibawa Ke Luar Negeri

  Rating: 0 ( 0 Votes)
Dikirimkan pada 24 Apr, 2016 | Dibaca: 326 | Nomor Artikel: #0694
Sarankan Laporkan Print Favorit

Selera makanan orang Indonesia yang berbeda dengan makanan luar negeri menjadi masalah utama bagi yang ingin keluar negeri. Karena inilah kebanyakan orang Indonesia selalu membawa makanan sendiri sebagai bekal disaana. Salah satunya rendang.

Rendang yang merupakan makanan khas Padang, Sumatera Barat, adalah salah satu makanan yang paling aman dibawa untuk jarak jauhdikarnakan dapat bertahan lama. Namun, jangan sembarangan jika membawa rendang untuk jarak jauh, agar tidak mudah basi.

Menurut pakar kuliner Indonesia, Sisca Soewitomo, yang dilasnsir okezone.com meski rendang dapat bertahan lama, tapi jika tidak disimpan dengan benar, maka tetap akan cepat basi. Sisca pun memberi tips agar rendang dapat bertahan lama meski dibawa jarak jauh, yaitu dengan cara memisahkan bumbu dengan dagingnya.

“Biasanya kita kalau bawa makanan ke luar (luar negeri-red) kan dibikin dalam jumlah banyak. Nah kalau rendang, baiknya bumbunya dipisah dengan dagingnya biar enggak cepat basi,” jelasnya di Jakarta.

Selain itu, Sisca menambahkan, saat meletakkan dalam wadah, sebaiknya rendang dikemas per satu porsi. Jangan disatukan dalam satu wadah besar.

Sebagai contoh, daging dan bumbu rendang dimasukkan ke dalam kantong plastik per 150 gram untuk sekali makan dan dibekukan ketika sudah sampai tujuan. Jadi, saat dinikmati tinggal dibuka satu bungkus, kemudian diamkan suhu ruangan baru dipanaskan kembali.

“Kalau disimpan dalam satu wadah besar kan repot. Kalau mau makan dibuka tutupnya, diambil pakai sendok. Kena udara, dan kita tidak tahu sendoknya bersih atau enggak. Ini yang bikin cepat basi. Makanya lebih baik bungkus sesuai porsi kalau makan tinggal buka dan dipanaskan,” pungkasnya.

Artikel Terkait