Resep Ayam Pop, Ayam Tanpa Kulit Khas Minang

  Rating: 0 ( 0 Votes)
Dikirimkan pada 16 Apr, 2016 | Dibaca: 281 | Nomor Artikel: #0673
Sarankan Laporkan Print Favorit

Anda tahu ayam pop? Sebagian mungkin tahu nama dan bentuknya, sebagian mungkin hanya tahu nama, dan sebagian lain mungkin tidak pernah mendengar nama makanan masakan khas Sumatera Barat yang satu ini. Kami akan beri resep ayam pop untuk Anda.

Ayam pop merupakan salah satu menu andalan di rumah makan padang. Namun, tidak semua rumah makan padang menyediakan ayam pop sebagai salah satu menu yang dijual. Rumah Makan Sari Bundo Masakan Padang sendiri menyediakan ayam pop untuk dikonsumsi para pelanggan yang datang.

Ayam pop di Sari Bundo adalah salah satu menu yang paling banyak dipesan. Dari segi namanya sendiri ayam pop memang berbeda dari olahan masakan berbahan dasar ayam lainnya. Anda mungkin sering mendengar ayam goreng, ayam goreng balado, ayam balado hijau, gulai ayam, semua tampilan masakan ini terlihat normal. Tapi ayam pop? menurut Saya sendiri sih bentuknya abnormal. hehe. Tapi jangan salah dari segi gizi, kesehatan, rasa, dan cara memakannya ayam pop bisa membuat ketagihan siapa yang memakannya.

Ayam pop berwarna putih. Semuanya berupa daging ayam tanpa kulit. Jadi bagian ayam tersebut dikuliti dulu, sampai kulit yang bisa dimakan juga dibuang. Cara memasaknya juga melalui dua tahap memasak yang bertolak belakang, yaitu direbus dan digoreng sebentar. Jadi ngegambarinnya gmn ya, digoreng, tapi rasa direbus, yaa gitulah, nanti silahkan sobat buat sendiri di rumah. Kami akan nukilkan resep ayam pop untuk Anda.

Ayam pop punya sambal yang agak berbeda dari kebanyakan sambal khas masakan minang. Resep ayam pop tidak ditemani sambal lado hijau atau lado merah yang menggugah selera itu, tapi sambal khasnya sendiri yang tidak digoreng.

Oia, untuk daging ayamnya sendiri,  menggunakan ayam kampung, tapi jika Anda ingin menggantinya dengan daging ayam yang lain silahkan saja. Saran kami carilah ayam dengan kadar lemak daging sedikit, karena khasnya ayam pop salah satunya ada pada daging ayam yang rendah lemak minyak.

Resep Ayam Pop

Bahan Ayam

  1. Potong dada/paha ayam kampung, cuci sampai bersih dan buang kulitnya;
  2. Air jeruk nipis secukupnya;
  3. Batang serai, memarkan;
  4. Bawang putih secukupnya, kemudian haluskan;
  5. Garam halus secukupnya;
  6. 3 sdm sayur sayur;
  7. Minyak untuk menggoreng.

Bahan sambal

  • 1 buah tomat;
  • 15 cabai merah keriting;
  • 1 sdt garam halus;
  • 3 siung bawang merah;
  • 5 siung bawang putih;
  • 2 sdm air.

Cara membuat resep ayam pop

  1. Basahi daging ayam yang sudah dikuliti tadi dengan air jeruk nipis, kemudian biarkan selama 10 menit. Campur kembali daging ayam tersebut dengan dengan bawang putih halus dan garam, biarkan 5 menit hingga bumbu meresap;
  2. Panaskan panci, masukkan serai, air dan ayam yang sudah berbumbu lalu rebus dengan panci tertutup hingga ayam lunak;
  3. Setelahnya angkat dan tiriskan ayam tersebut;
  4. Panaskan minyak goreng (minyak harus banyak agar seluruh daging ayam bisa terendam minyak);
  5. Goreng ayam kurang lebih selama 5 menit dalam minyak banyak dan panas tersebut (jangan terlalu lama menggoreng agar ayam tidak terlalu kering);
  6. Angkat dan tiriskan ayam;
  7. Sambal, rebus semua bahan kecuali garam hingga matang. Angkat lalu haluskan dengan menambahkan 1 sdm air perebus cabai;
  8. Sajikan untuk keluarga Anda.

Artikel Terkait