Resep Samba Lado Tanak

  Rating: 0 ( 0 Votes)
Dikirimkan pada 16 Apr, 2016 | Dibaca: 317 | Nomor Artikel: #0671
Sarankan Laporkan Print Favorit

Pembahasan tentang kuliner dari ranah minang tidak akan pernah habis. Makanan dan masakan di provinsi ‘tanduk kerbau’ ini sangat beragam. Bahkan di setiap pelosoknya Anda akan menemukan jenis masakan dan makanan yang berbeda.

Hari ini kita akan membahas salah satu masakan minangkabau yang legendaris, yaitu samba lado tanak. Samba lado tanak merupakan makanan khas masyarakat Sumatera Barat, dan sayangnya masakan ini jarang dijumpai di rumah-rumah makan, baik di Sumbar maupun di daerah-daerah perantauan.

Samba lado tanak banyak dimasak para kaum ibu di rumah mereka masing-masing di daerah sekitar Kabupaten Tanah Datar. Samba lado tanak merupakan masakan yang diolah dari bahan-bahan cabe yang sudah digiling, santan kelapa yang sudah dimasak, ikan teri, petai/jengkol, telur yang di rebus kemudian dicampur rempah-rempah lain, dan dimasak di kuali dengan api dari bara kayu bakar.

Samba lado merupakan olahan masakan yang wajib untuk menjadi teman makan masyarakat minang. Samba lado artinya sambel yang dibuat dari cabai, baik itu cabai merah atau hijau keriting. Semakin merah sambal yang dibuat biasanya selera makan akan semakin dahsyat merangsek naik dari perut ke kerongkongan.

Berikut kami akan nukilkan resep samba lado tanak. Mudah-mudahan dengan resep samba lado tanak ini bisa mengobati kerinduan kita pada masakan yang jarang ditemukan di rantau orang.

Resep Samba Lado Tanak

Bahan-bahan:
1 kg Jengkol (Rebus)/Pete/Pete cina tua
1/2 kg Teri medan kering/Udang
2 btr Kelapa kemudian ambil santannya
2 butir air kelapa
4 bh Asam Kandis
Daun Kunyit
Daun jeruk
Sereh dan memarkan
Garam

Bahan yang digiling halus:
1/2 kg Cabe merah
Cabe rawit secukupnya
7 siung bawang merah
2 siung bawang putih
3 ruas jari Kunyit, Jahe, dan Lengkuas

Cara Membuat samba lado tanak:
1. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan cabe giling, daun kunyit, sereh kemudian aduklah hingga wangi harumnya keluar;
2. Masukkan teri/ udang;
3. Masukkan santan dan air kelapa dan aduklah hingga rata;
4. Masukkan jengkol yang sudah direbus dan dipotong. Aduk terus jangan sampai pecah santan dan masaklah dengan api sedang hingga kering;
5. Jika sudah mengering, matikan kompor.
6. Selesai, sajikanlah samba lado tanak ini kepada keluarga Anda.

Mungkin tidak semua masyarakat Sumatera Barat mengetahui masakan ini, karena khasnya memang di daerah Tanah Datar, tapi kita wajib mencoba karena memang enak dan menggugah selera untuk dimakan Sob.

Artikel Terkait