Resep Es Cendol Air Mata Pengantin khas Padang

  Rating: 0 ( 0 Votes)
Dikirimkan pada 16 Apr, 2016 | Dibaca: 237 | Nomor Artikel: #0668
Sarankan Laporkan Print Favorit

Mengawali buka puasa memang sangat pas bila ditemani dengan segelas minuman manis dan menyegarkan. Nah, bila Anda kebetulan sedang berada di disekitar kawasan Jalan Juanda Pasar Pagi, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang-Sumatera Barat, jangan sampai Anda lewatkan hidangan manis berbuka puasa paling legendaris di sana. Dia adalah Es Cendol Air Mata Pengantin. Yup, salah satu minuman favorit saat berbuka yang dijual Rp 8.000 per gelasnya ini hanya dapat dijumpai pada saat bulan puasa saja.

Bila dilihat dari sejarahnya, minuman bercita rasa lezat nan menyegarkan di tenggorokan ini merupakan hasil perpaduan antara masakan India dengan masakan Padang. Nama air mata pengantin diberikan, karena cendolnya yang terbuat dari agar-agar dan biji selasih ini berbentuk lurus memanjang dan untaiannya berbentuk seperti tetesan air mata.

Bila Anda ingin juga merasakan kesegaran dari Es Cendol Air Mata Pengantin, tapi tidak harus pergi ke Padang, Anda juga bisa kok membuatnya sendiri di rumah. Bahan dan proses pembuatannya pun mudah. Mau tahu apa resepnya? Berikut ulasan lengkapnya :

Membuat Es Cendol Air Mata Pengantin

Bahan :
Agar-agar warna putih
600 ml air
100 gram gula
Bahan pewarna kuning,hijau dan merah
15 gram biji selasih
175 ml sirup coco pandan
Es yang di serut

Cara membuat :
1. Rebuslah gula bersama agar-agar sampai mendidih dan bagi beberapa  bagian.
2. Campurkanlah pewarna pada cairan agar-agar tersebut dan masukan ke dalam mesin pendingin,  Setelah itu serut memanjang.
3. Masukan agar-agar tersebut bersama biji selasih dan sirup.
4. Tambahkan es serut dan sajikan.

sumber

Artikel Terkait