6 Fakta Unik tentang Sumatera Barat

  Rating: 0 ( 0 Votes)
Dikirimkan pada 18 Dec, 2015 | Dibaca: 801 | Nomor Artikel: #0652
Sarankan Laporkan Print Favorit

Sumatera Barat merupakan sebuah propinsi di pulau Sumatera yang menyimpan banyak cerita dan keunikan yang tidak diketahui oleh banyak orang. Kamu perlu juga mengetahui hal-hal menarik dari propinsi ini untuk menambah pengetahuan kamu.

1.Misteri Angka 4 Di Jam Gadang

Jam-Gadang

Jam Gadang adalah salah satu landmark paling populer di kota Bukit Tinggi. Namun, tahukah kamu bila jam ini memiliki sebuah misteri tersendiri. Pada bagian angka di bagian jam, angka 4 tidak ditunjukkan dengan angka romawi IV, melainkan dengan angka IIII. Ada banyak cerita mengenai penulisan angka ini dan salah satunya adalah jumlah orang yang menjadi tumbal pada masa pembangunan jam tersebut.

Terlepas dari benar-tidaknya cerita tersebut, jam Gadang merupakan salah satu daya tarik kota Bukit Tinggi dan konon kabarnya, jam sejenis hanya ada dua buah di seluruh dunia yaitu Jam Gadang di Bukit Tinggi dan Big Ben di kota London.

2.Jembatan Unik Terbuat Dari Akar

jembatan-akar

Bila kamu berkunjung ke Sungai Batang Bayang, Sumatera Barat, maka kamu akan menemukan sebuah jembatan yang sangat unik. Jembatan ini terbuat dari akar pohon beringin yang dianyam dengan rapi dan menghubungkan antara dua desa yaitu desa Lubuk Silau dan desa Puluk-Puluk.

Jembatan dengan panjang 25 meter dan lebar 1,5 meter ini masih berfungsi hingga sekarang. Hal yang lebih unik lagi adalah fakta bahwa jembatan ini membutuhkan waktu kurang lebih ½ abad untuk bisa menjadi jembatan akar seperti yang ada sekarang ini.

3.Kopi Kawa Daun

kopi-kawa-daun

Bila mendengar minuman ini, kamu mungkin membayangkan sebuah minuman kopi dengan rasa yang unik dan berbeda dari kopi yang berasal dari daerah lain di Indonesia. Namun, kenyataannya, kopi kawa daun bukan terbuat dari biji kopi melainkan dari air rebusan daun kopi. Rasanya jelas berbeda dari minuman kopi biasanya dan yang lebih uniknya lagi, gelas untuk menghidangkan kopi ini terbuat dari tempurung kelapa.

4.Tradisi Maanta Pabukoan

maanta-pabukoan

Sumatera Barat merupakan sebuah propinsi yang memiliki banyak tradisi dan kebiasaan yang telah dilangsungkan sejak jaman nenek moyang dan masih berlangsung hingga saat ini. Tradisia Maanta Pabukoan merupakan salah satu diantaranya. Tradisi ini merupakan tradisi yang dilakukan saat bulan Ramadhan tiba, dimana setiap menantu akan mengantarkan makanan kepada ibu mertua mereka.

5.Bukit Tinggi Sebagai Ibukota Negara

bukittinggi

Ibukota negara Indonesia ternyata tidak selalu terletak di Jakarta. Salah satu kota di Sumatera Barat yaitu Bukit Tinggi pernah menjadi ibukota negara di masa pemerintahan darurat RI yaitu pada tanggal 19 Desember 1948. Hal ini merupakan salah satu bukti pentingnya kota Bukit Tinggi dalam sejarah tanah air.

6.Rendang, Makanan Tradisional Sumbar Yang Mendunia

rendang-padang

Siapa yang tidak kenal rendang. Makanan khas dari Sumbar ini ternyata popularitasnya sudah mendunia, bahkan kantor berita CNN pernah menobatkannya sebagai salah satu makanan terlezat di seluruh dunia. Sungguh sebuah prestasi yang membanggakan, dan ini hanyalah satu dari berbagai fakta unik dan menarik mengenai Sumatera Barat yang perlu kamu ketahui.

Artikel Terkait