6 Wisata Pantai Indah Di Sumatera Barat

  Rating: 0 ( 0 Votes)
Dikirimkan pada 17 Dec, 2015 | Dibaca: 744 | Nomor Artikel: #0651
Sarankan Laporkan Print Favorit

Ternyata wisata pantai tak hanya identik dengan Bali atau Lombok. Buktinya, Sumatera Barat pun memiliki beberapa kawasan pantai yang menyuguhkan panorama yang menawan.

1. Pantai Padang

pantai-padang

Pantai Padang merupakan salah satu pantai ikonik yang ada di kota Padang. Bisa dibilang kalau pantai Padang memiliki keramaian yang sama dengan Pantai Kuta. Sebagai salah satu tujuan wisata, pantai ini tak pernah sepi pengunjung apalagi letaknya cukup strategis. Bahkan saat matahari sudah terbenam, kawasan ini malah semakin ramai pengunjung yang nongkrong untuk menikmati cemilan seperti pisang bakar dan jagung bakar di tepi pantai.

2. Pantai Pariaman

pantai-pariaman

Pantai Pariaman adalah pantai berpasir putih yang letaknya di kota Pariaman. Akses menuju kawasan ini cukup mudah dan deburan ombaknya yang kalem sangat cocok untuk dibuat berenang atau sekedar membangun istana pasir di pantainya. Pantai ini terkenal dengan keindahan matahari saat terbenam. Banyak turis yang memadati kawasan ini saat menjelang sore karena mereka ingin menikmati keindahan pantai ketika langit berubah warna menjadi oranye.

3. Pantai Pasumpahan

pantai-pasumpahan

Pantai Pasupahan letaknya hanya 1 jam dari kota Padang. Untuk mencapai lokasi pantai, pengunjung harus menyeberangi selat menggunakan speedboat. Karena tak banyak wisatawan yang kesini, kondisi pantai masih sangat asri dan lautnya pun sangat bening. Sesampainya di pulau Pasupahan, Anda akan disguhi nyiur melambai serta hamparan pasir putih yang lembut di kaki. Konon, disinilah tempat legenda rakyat Malin Kundang dikutuk oleh ibunya menjadi batu. Oleh karena itu pulau ini pun dinamai “Pasumpahan” yang artinya, disumpah.

Sayangnya pulau ini tak memiliki penginapan. Anda bisa mendirikan tenda atau kembali ke daratan Sumatera Barat menjelang sore.

4. Pantai Pagang

pantai-pagang

Pantai ini tergolong masih ‘perawan’ karena tak banyak turis yang datang kesini. Perjalanan ke Pantai Pagang dapat ditempuh melalui jalan darat sampai ke pelabuhan bungus lalu diteruskan dengan menyebrangi laut menggunakan perahu.
Kegiatan asyik di pantai ini meliputi snorkeling, berenang atau sekedar berjalan mengitari pulau dan menikmati indahnya laut yang biru. Bila Anda berniat untuk snorkeling, alangkah baiknya bila Anda membawa peralatan snorkeling sendiri. Di pantai ini memang menyediakan peralatan snorkeling untuk disewa namun sayang kondisinya tidak terawatt.

Pulau Pagang masih belum dikembangkan, jadi jangan harap Anda menemukan resort di tepi pantai. Bila ingin menginap, Anda harus menyediakan tenda sendiri plus perlengkapan memasak!

5. Pantai Pamutusan

pantai-pamutusan

Pantai Pemutusan terletak di bagian barat dari propinsi Sumatera Barat. Kawasan ini terkenal masih belum banyak ‘tersentuh’ sehingga keasriannya masih sangat terjaga. Karena air lautnya yang bening, Anda dapat melihat terumbu karang kehijauan yang menghiasi kawasan pantai ini. Uniknya lagi, ada beberapa pulau kecil yang muncul dari bawah laut dan tertutup terumbu karang. Keindahan pantai Pemutusan sering dibandingkan dengan pantai Raja Ampat.

6. Pantai Air Manis

pantai-air-manis

Entah mengapa pantai ini diberi nama Air Manis, yang jelas, kawasan ini termasuk pantai yang banyak dikunjungi oleh warga lokal. Jalannya cukup menanjak dan curam serta sempit. Namun sesampainya di pantai Air Manis, Anda akan disuguhi pemandangan pantai yang menawan dengan pegunungan di bagian belakangnya. Ombaknya pun tidak besar sehingga sangat cocok untuk bermain air di pantai ini.

Setelah mengetahui beberapa pantai indah di Sumatera Barat, pantai manakah yang ingin Anda kunjungi?

Artikel Terkait