Tips Melewati Jalur Lintas Sumatera

  Rating: 0 ( 0 Votes)
Dikirimkan pada 11 Jul, 2014 | Dibaca: 48582 | Nomor Artikel: #0516
Sarankan Laporkan Print Favorit

Jika anda ingin bepergian ke suatu daerah, anda bisa memilih jalur transportasi mana yang ingin digunakan. Apakah ingin menggunakan udara, darat atau laut? Setiap jalur tentu memiliki suasana yang berbeda-beda. Anda akan lebih cepat sampai tujuan dengan menggunakan jalur udara, tapi harganya tentu akan lebih mahal. Jalur darat dan laut pun menjadi alternatif jika ingin menghemat budget perjalanan sekaligus juga untuk menikmati detil dan suasana perjalanan yang lebih banyak.

 Tapi semuanya bukan tanpa resiko. Anda yang pernah melintasi Jalur Lintas Sumatera, baik menuju maupun dari wilayah Sumatera pasti sering mendengar banyaknya kejahatan atau hewan-hewan yang berkeliaran sembarangan di jalan, bukan? Bagi anda yang belum pernah, jangan kaget, karena lingkungan lintas sumatera ini masih banyak ditumbuhi hutan atau pohon-pohon seperti itu. Berikut ini, sedikit tips, bagi anda yang masih terholong pemula untuk melewati atau melintasi Jalan Lintas Sumatera ini

Perisiapkan Kondisi Kendaraan

Persiapan utama sebelum berangkat adalah anda harus memeriksa dengan baik kondisi kendaraan anda. Pastikan semuanya dalam kondisi yang prima. Perjalanan ke Sumatera, jika anda dari luar Sumatera adalah perjalanan jauh. Jalur tersebut juga memiliki kondisi yang beragam, seperti jalur yang meliuk-liuk, menanjak, menurun, berlubang, dan sebagainya. Pastikan semua mesin dalam kendaraan siap untuk bepergian dalam jarak jauh.

Jangan Lupa Membawa Cadangan

Sebaiknya anda membawa cadangan-cadangan seperti ban. Dan jangan lupa alat lainnya yang mungkin akan berguna. Karena di sana jarak antara satu kampung dengan kampung lainnya berjauhan, anda sebaiknya bisa sedikit-sedikit atau mengerti soal mesin jika ada hal-hal yang tidak diinginkan.

Bawa Makanan

Jika sudah mulai memasuki jalan lintas sumatera, anda bisa berhenti jika menemukan toko kelontongl beli makanan-makanan yang mengenyangkan untuk menghindari kelaparan saat di jalan. Bukan apa-apa, alasannya sama, karena jarak antara satu dan lainnya berjauhan, masih sepi dari warung-warung nasi semacam itu. Ada baiknya menyiapkan makanan dari awal. Apalagi sopir harus selalu fit dan juga jika membawa anak-anak agar tidak dipusingkan dengan tidak hadirnya cemilan di tengah-tengah anda. Bisa membawa roti atau mungkin bagi para wanita bisa menyiapkan nasi atau aluk pauknya yang awet dari rumah.

Siapkan Kondisi Fisik

Ini penting, teruatam para sopir. Perjalanan jauh kemana pun anda harus dalam kondisi yang prima. Tidak mengkonsumsi alkohol saat mau berkendara. Dan kalau bisa, anda memiliki pengganti saat menyupir. Jika ada yang hafal tentang kondisi jalan lintas sumatera akan lebih baik.

Mengatur Kecepatan

Kondisi jalan di Lintas Sumatera tidak bisa diprediksi. Anda akan menemukan lubang mungkin di tengah-tengah jalanan yang sudah diaspal. Belum lagi, badan jalan banyak yang tidak memiliki batas jalan sehingga berdampingan langsung dengan jurang. Tak jarang ditemukan tanah yang longsor. Selain itu, kondisi di beberapa daerah yang berkelok-kelok, menanjak, dan sebagainya. Anda harus ekstra hati-hati dalam melajukan kendaraan anda. Tetap tenang dan sabar. Jika ragu untuk menyalip, sebaiknya tidak memaksakan.

Hindari Perjalanan di Malam Hari

Ini sangat penting. Sejumlah titik di Sumatera terkenal dengan modus kejahatannya. Anda bisa memperkirakan waktu perjalanan anda. Jarak antara satu kampung dan lainnya cukup jauh. Anda bisa mengunpulkan informasi dari orang setempat berapa lama jarak yang ditempuh untuk menuju kampung berikutnya. Sebaiknya tidak melintasi area non kampung jika hari mulai gelap. Ada juga yang menagatakan berhati-hati soal binatang yang tiba-tiba lewat di jalanan. Jalan saja, karena bisa jadi modus para penjahat untuk memberhentikan mobil anda.

 Selain itu, menikmati perjalanan di jalur lintas sumatera siang hari juga lebih menyenangkan. Pemandangan yang masih alami tentu menjadi hiburan tersendiri, bukan?

Isi Bensin Selagi Bisa

Jika menemukan pom bensin, anda jangan sia-siakan. Ingat, jarak satu dan lainnya jauh jadi anda harus mengisi bensin selagi bisa.

Ikut Konvoi Kendaraan

Banyak yang menyarankan pastinya. Jika melewati tempat yang sepi atau saat mulai gelap, anda bisa menunggu kendaraan lain yang ingin melintas. Sabar saja, ini sering dilakukan orang-oramh yang melintas di Jalur Lintas Sumatera ini. Konvoi kendaraan bisa meminimalisir tindak kejahatan yang ingin dilakukan oknum2 tertentu.

 Semoga tips di atas bermanfaat ya. Jangan lupa, istirahat kalau mulai lelah.


Dowload Peta Mudik Disini!

----------------------------

Tips Tambahan :

- Kalau sampai benar benar naas ada perampokan ditegah jalan, usahakan tenang dan jangan MELAWAN, kooperatif aja. mereka cuma incar materi kita kok, mereka itu panik dan bersenjata tajam/api dan gak mungkin pula mereka cuma bawa pisau dapur. kasih aja semua materi degan nego sisakan uang buat ongkos kekota terdekat atau biarkan tinggalkan kita asal nyawa selamat. Kebanyakan sopir sopir yg tewas atau kernetnya karena mereka melawan mati matian. 

- Jagan terlalu banyak tanya jalan kesana kemari, sebelum berangkat pastikan peta lengkap dan paham tahapan jalan. 

- Saat terjadi kerusakan /pecah ban dsb, dan ada yang menghampiri atau sekedar bertanya sebutkan saja tujuan terdekat anda adalah KOTA TERDEKAT dari tempat anda sekarang bukan kota tujuan akhir anda.

Artikel Terkait